Resep Es Pisang Ijo Paling Segar Enak

Resep Es Pisang Ijo Paling Segar Enak Ijo atau hijau sama saja, proses cara membuatnya pun sama karna itu cuma kalimat. Resep es ini saya dapat dari paman saya, dan ternyata rasanya segar dan enak sesuai dengan judul. Lapisan yang menutup pisang itu sangat kenyal dan pisang pun manis, pokoknya seimbang banget deh Resep es pisang ijo ini. Dan yang perlu sobat tau, kuah dari Es pisang ijo juga gurih dan manis dan tentunya dingin karna es batunya.

Resep Es Pisang Ijo Paling Segar Enak

Es Pisang Ijo

Bahan kulit es pisang ijo :
  • 5 buah pisang raja
  • 50 gram tepung tapioka
  • 150 gram tepung beras
  • secukupnya pewarna makanan, warna hijau
  • secukupnya garam
  • 250 ml air bersih

Bahan kuah es pisang ijo :
50 gram tepung terigu
800 cc santan kental
100 gram gula pasir
20 gram garam
selembar daun pandan, ikat

Cara membuat kuah es pisang ijo :
1. Rebus santan bersama gula pasir, daun pandan, garam, tunggu hingga mendidih.
2. Masukan tepung terigu, kecilkan api, aduk aduk hinnga mengental atau tercampur rata, angkat, sisihkan.

Cara membuat Es Pisang Ijo Segar

  1. Siapkan panci, rebus 250ml air dalam api sedang lalu tambahkan tepung beras, garam, aduk-aduk terus hingga tercampur merata dan mendidih, angkat.
  2. Masukan pewarna makanan warna hijau, sambil di aduk rata tambahkan juga tepung sagu, aduk terus hingga adonan menjadi kalis.
  3. Setelah adonan kalis, pisah menjadi 5 bagian, lalu bentuk bulatan, dan pipihkan. Isi setiap adonan yang di pipihkan dengan pisang raja, lalu tutup adonan.
  4. Langkah terakhir, rebus 5 adonan berisi pisang dalam air mendidih, tunggu hingga adonan mengapung (menandakan sudah matang) angkat, biarkan hingga dingin.
  5. Cara Penyajian : Siapkan mangkuk saji, tuangi dengan bahan bubur secukupnya, lalu tambahkan pisang ijo yang sudah di potong, tambahkan sedikit sirop, susu kental manis dan es batu serut.

Es Pisang Ijo Paling Segar Enak ini sudah siap untuk di hidangkan. Dan gimana tentang resepnya sob? pasti mudah sekali ya seperti Resep Es Teler 77. Sebenernya Es ini itu dari mana sih asalnya, ada yang tau? kalau kata om saya sih dari makassar, tapi yaudahlah lupakan, yang penting Resepnya sudah ada dan siap untuk di buat kapan pun.