Resep Ayam Penyet Mudah Paling Enak

Resep Ayam Penyet Mudah Paling Enak Ayam yang di goreng lalu di penyet dengan sambal yang pedas tentu cara membuatnya tidak ribet dan bisa di rumah. Tentu anda sudah tau kata penyet bukan?, oke bagi anda yang belum tau apa itu penyet, penyet itu sama dengan teken-teken. Dan disini ada fariasinya juga, ada yang cuma memenyet ayamnya dan di cocolkan ke sambal, ada juga yang me-menyetnya langsung dengan sambalnya, tapi apapun caranya yang penting rasanya itu enak hahah. Ayam penyet ini bisa di temui di mall atau warung makan yang memang hanya menjual ayam penyet ini. Resep ini kami tulis atas permintaan salah satu pembaca setia di Tempat Resep Ku.

Resep Ayam Penyet Mudah Paling Enak

Resep Ayam Penyet Mudah Paling Enak


Bahan ayam penyet :
  • 1 ekor ayam kampung, potong potong
  • 5 siung bawang putih, geprek saja
  • 1 sdm garam
  • secukupnya air matang
  • secukupnya minyak goreng

Bahan sambal ayam penyet :
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
8 buah cabai rawit merah
10 buah cabai merah besar
1/2 batang terasi bakar
secukupnya garam (karna ini sesuai selera masih masing)

Bahan Pelengkap :
4 buah timun, potong serong
2 tangkai daun kemangi

Cara mambut sambal ayam penyet :
1. Campurkan semua bahan, lalu haluskan menggunakan ulekan hingga halus dan tercampur rata.
2. Pindahkan dalam mangkuk.

Cara membuat ayam penyet :
  1. Setelah ayam di potong potong, campurkan secukupnya air dengan geprekan bawang putih dan 1sdm garam, lalu lumurkan pada ayam, aduk-aduk, biarkan hingga meresap lebih kurang 15 menit.
  2. Goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan dan matang sambil di bolak-balik, angkat, tiriskan.
  3. Penyet penyet ayam dengan ulekan, taruh dalam piring saji, lalu sajikan dengan bahan lalapan dan juga sambal ayam penyet.

Seperti kata saya di awal resep ini, sobat bisa memenyet ayam bersama dengan sambalnya, mungkin rasa nya akan lebih mantap. Tapi itu tidak berlaku bagi saya, karna saya pribadi lebih suka di cocol hehe. Bagikan Resep Ayam Penyet Mudah Paling Enak ini jika menurut sobat sangat bermanfaat, atau coba dahulu baca resep olahan kami lainnya yang tentunya tidak kalah enak, yaitu Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning yang memiliki rasa gurih pada bumbunya.