Resep Pepes Ayam Pedas Maknyus

Resep Pepes Ayam Pedas Maknyus. Oke sobat reseper's kali ini kita akan membuat pepes ayam yang pedas dengan cara di kukus tentunya. Pasti sudah tidak asing kan dengan makanan yang satu ini, daging ayam bercampur dengan olahan bumbu khas indonesia yang di racik dengan pas dan pedas rasanya. Memang ayam adalah hewan yang sangat mudah untuk di olah menjadi sebuah masakan seperti resep masakan ini. Oke langsung aja deh kita coba Resep pepes ayam yang sudah di uji coba di dapur kami.

Resep Pepes Ayam Pedas Maknyus

Pepes Ayam


Bahan pepes ayam :
  • 1 ekor ayam
  • 50 ml air perasan jeruk nipis
  • 2 tangkai daun kemangi, ambil daunnya
  • 10 lembar daun jeruk nipis
  • 10 buah cabai rawit merah, biarkan utuh
  • secukupnya lidi untuk menyemat
  • secukupnya daun pisang untuk membungkus

Bumbu yang di haluskan :
5 siung bawang putih
8 buah bawang merah
5 buah cabai merah besar
10 buah cabai rawit merah
2 butir kemiri
4 cm jahe
3 cm lengkuas
2 cm kunyit
secukupnya garam, gula, penyedap rasa, rasa ayam

Cara membuat pepes ayam pedas

  1. Cuci ayam hingga bersih, potong-potong kecil, tuangi dengan 50ml air perasan jeruk, diamkan selama 10 menit.
  2. Campurkan ayam dengan bumbu yang sudah di haluskan, aduk-aduk menggunakan tangan hingga bumbunya merata, pisahkan menjadi 10 bagian.
  3. Siapkan daun pisang yang sudah di bersihkan, tumpuk menjadi beberapa lapis supaya bumbu tidak tumpah, letakan ayam diatas daun pisang, tambahkan 1 buah cabai utuh, 1 daun jeruk, dan daun kemangi. Tutup ujung daun pisang lalu sematkan menggunakan lidi.
  4. Jika semua ayam sudah di bungkus, kukus dalam panci hingga daun berwarna kecoklatan dan ayam benar benar matang, lebih kurang 35 menit, angkat.
  5. Sajikan pepes ayam pedas ini dengan sepiring nasi hangat.

Sangat mudah bukan, jika menurut anda masih kurang pedas, anda bisa menambahkan beberapa cabai lagi, begitu juga sebaliknya jika anda tidak terlalu suka dengan rasa pedas silahkan kurangi cabainya. Saya rasa Resep Pepes Ayam Pedas ini adalah resep penutup untuk hari ini, terus kunjungi Tempat Resep Ku untuk mendapatkan resep enak selanjutnya.